love islam

love islam

Rabu, 12 November 2014

Sering Keramas Picu Kerusakan Rambut

Keramas memang bertujuan untuk membersihkan kulit kepala dan batang rambut dari sisa-sisa produksi kelenjar minyak dan debu yang menempel, serta materi-materi lain yang digunakan untuk perawatan rambut. Karena kondisi tersebut menyebabkan rambut terlihat ‘lepek’ maka keramas diperlukan untuk mengembalikan kesegaran rambut.
Bagi wanita rambut merupakan mahkota yang sangat berharga. Keindahan serta kecantikan wanita dapat terlihat dari tatanan rambut yang terurai. Adapun usaha-usaha demi mendapatkan rambut sehat, indah dan berkilau. Perawatan rambut yang paling sederhana dan umum dilakukan adalah keramas dengan shampo sebanyak 2 kali seminggu.
Padatnya rutinitas seseorang menjadikan rambut lebih cepat mengalami kerontokan akibat stress, patah-patah dan lepek. Perawatan seperti, masker, creambath juga dapat menjadikan rambut Anda sehat berkilau.
Namun, tahukah Anda jika terlalu sering keramas akan berdampak buruk bagi kesehatan rambut? Ya, keseringan mencuci rambut dapat mengalami kekurangan sebum (minyak rambut alami ) sehingga lebih cepat mengalami kering dan mudah rapuh. Shampo memiliki kandungan deterjen sintetik yang dapat mengakibatkan iritasi kulit kepala. Minyak rambut sebenarnya berperan penting untuk pertahanan kulit dan kelenturan batang rambut.
Dampak terlalu sering keramas akan mengurangi produksi minyak sebagai pelentur batang rambut, hal itu yang menjadikan rambut bercabang dan pecah-pecah. Adapun masalah lain jika sering keramas di antaranya rambut sulit diatur, rambut cepat beruban, pewarna memudar (bagi rambut bewarna) dan juga membuang waktu.
Untuk mencegah hal itu kian memburuk, berikut tips usai keramas :

1. Keringkan rambut menggunakan handuk. Jangan gosok-gosok rambut dengan handuk untuk mengeringkan sisa-sisa air karena hanya akan merusak kutikula (kulit ari) dan mengakibatkan rambut kusut.

2. Jika rambut kamu lama kering, bungkus rapat-rapat rambut dengan handuk selama 3-5 menit.

3. Gunakan sisir bergigi jarang untuk merapikan rambut. Jangan tarik rambut menggunakan sisir karena dalam keadaan lembab rambut lebih mudah patah.
Itulah alasan mengapa sebaiknya keramas sebaiknya dilakukan 2x seminggu dan bila perlu lakukanlah perawatan ke salon minimal 1 kali dalam sebulan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar