love islam

love islam

Kamis, 13 November 2014

Wanita, Sebaiknya Hindari Makanan Ini Saat Menstruasi

Kram perut yang menyakitkan, suasana hati yang tidak menentu, stres, dan perut kembung adalah gejala-gejala yang sering terjadi saat mengalami menstruasi alias datang bulan. Banyak faktor yang menyebabkannya. Salah satunya adalah makanan. Seperti yang dilansir Boldsky, untuk menghindari gejala-gejala tersebut ada makanan-makanan tertentu yang harus dihindardi untuk dikonsumsi saat menstruasi. Ini adalah beberapa jenis makanan tersebut:
Daging
Lemak yang ditemukan dalam daging sebagian besar adalah lemak jenuh yang dapat menyebabkan rasa sakit dan peradangan. Selain itu, ketika Anda sudah menderita kram, lemak jenuh dapat memperburuk rasa sakit. Daging menjadi makanan nomor satu pada daftar makanan yang harus dihindari saat menstruasi. Jika Anda tidak bisa menahan keinginan untuk makan daging, sebaiknya mengonsumsi daging rendah lemak seperti ikan.
Es krim
Es krim merupakan produk susu tinggi lemak dan karena itu memiliki efek yang sama seperti daging berlemak. Tentu saja ini juga berlaku untuk keju dan krim. Kurangi mengonsumsi es krim terlalu banyak saat menstruasi. Jika Anda tidak tahan ingin mengonsumsinya sebaiknya pilih es krim gelato non-dairy tanpa tambahan gula.
Makanan olahan
Meskipun makanan olahan adalah pilihan yang mudah tetapi makanan ini, seperti makanan ringan, keripik dan makanan kalengan sering mengandung natrium yang sangat tinggi dan menyebabkan kembung serta rasa tidak nyaman. Pilihlah camilan yang sehat sebagai gantinya. Sebagai contoh, segenggam kacang tawar adalah contoh camilan yang bisa dikonsumsi saat Anda menstruasi karena kacang bermanfaat mengurangi rasa lelah dan nyeri saat menstruasi.
Kopi
Jika Anda seorang pecandu kopi, mungkin hal yang sulit adalah mengurangi untuk mengonsumsinya. Padahal, kafein yang terkandung dalam minuman kopi bisa membuat menstruasi tidak teratur. Kafein juga bisa memperburuk kondisi tubuh saat menstruasi dan menyebabkan sulit tidur.
Gula
Makanan manis, seperti permen dan kue memang bisa memperbaiki suasana hati, namun konsumsi berlebihan saat menstruasi hanya akan memperburuk rasa sakit dari kram. Jika Anda ingin mengonsumsi yang manis-manis sebaiknya konsumsi buah-buahan seperti melon, mangga, atau apel.
Alkohol
Minuman beralkohol meningkatkan semua gejala menstruasi dan kram, Selain itu, alkohol bertindak sebagai pengencer darah yang pada gilirannya akan meningkatkan aliran darah Anda dan menyebabkan lebih banyak ketidaknyamanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar